cursor

Toad Jumping Up and Down

Jumat, 02 Maret 2018

PaHe (Paket Hemat) Bandara Soekarno-Hatta


Beginilah konsekuensi jika istri sedang menempuh studi S2 di Surabaya. Kami harus berpisah untuk beberapa hari. Ia hilir mudik Surabaya-Jakarta. Untungnya aku baru ditinggal sekali saja sejak kami menikah. Namun, sepertinya karena kami pasangan yang campur-campur (Minangkabau – Tegal – Mojokerto), maka Bandara Soekarno-Hatta bakal sering kami sambangi.

SAKONG
Bolak-balik bandara tentu menguras kocek juga. Nah, biar hemat, aku menyarankan Anda yang biasa ke Bandara untuk mengambil jasa angkutan umum Damri. Naik Damri memang asyik, murah meriah dan nyaman. Aku pernah naik taksi dari bandara. Pengalaman buruk sekali. Supir taksinya untung-untungan. Kalau lagi buntung, kita bisa dapat supir taksi yang nakal. Ada yang minta uang tambahanlah, emosi ga stabil, dan lain sebagainya. Belum lagi ketika baru landing, kita biasanya ditarik-tarik untuk diperebutkan naik taksi. Sunguh tidak nyaman.

POKER
Nah, kalau naik Damri, lebih enak. Selain membantu program pemerintah dalam mengurangi kemacetan ibukota, Damri haltenya jelas, luas, ada tempat duduk dan ber-AC. Ketika bus yang kita nantikan jurusannya terparkir di depan halte, petugas Damri akan memanggil calon penumpangnya. ”Jurusan Blok M, silahkan naik,” begitu kira-kira himbauan petugas Damri.


Letak halte bus Damri cukup strategis dan dekat dengan pintu kedatangan di tiap terminal. Kita cukup menyeberangi satu jalan dari pintu keluar kedatangan untuk menemukan haltenya. Ada di tiap terminal bandara. Petugas Damri juga cekatan, baik, dan sepengamatanku malah melindungi konsumen atau calon konsumennya.
Suatu malam, aku lihat ada ibu-ibu tua sedang kebingungan. Ia sudah janjian dengan anaknya untuk dijemput. Ternyata ada kendala. Tak jadilah ia dijemput. Akhirnya, ia luntang lantung di depan halte Damri. Petugas Damri mendekatinya, menanyakan akan ke arah mana pulangnya. Petugas Damri itu melindungi si ibu tua dari sergapan supir-supir taksi yang gahar-gahar dan agresif menawarkan jasanya.

DOMINOQQ
Hari sudah larut, pukul 23.30 malam. Si Ibu kalau tidak salah akan ke daerah Kampung Rambutan. Ternyata, malam itu bus ke Kampung Rambutan sudah habis. Hanya ada di terminal satunya lagi. Maka dengan cekatan petugas Damri tadi mengontak poolnya agar menahan bus terakhir Damri ke arah Kp. Rambutan, agar si ibu bisa naik. Sementara waktu, si ibu diikutsertakan ke dalam bus jurusan Blok M, satu bus denganku.

SAKONG
Sungguh, melihat peristiwa itu, aku terharu. Kalau aku jadi anaknya, aku akan sangat berterima kasih pada petugas Damri itu. Ibu tua renta, di tengah bandara, luntang-lantung ga jelas mau kemana, dan sedang diintimidasi oleh supir taksi yang berebut menawarkan jasa. Mending cara nanyanya sopan. Ini pakai sedikit pemaksaan. You know lah rasanya.
Bus Damri juga ada AC-nya. Tempat meletakkan barang juga tersedia cukup luas. Belum lagi bisa ditaruh barang juga di bagasi bagian bawah bus. Supirnya tidak terlalu ngebut. Tidak juga pelan. Ini transportasi paling nyaman, dan aman. Kita bersama orang banyak, dan ga mungkin disasar-sasarkan secara sengaja.

Bus Damri di Bandara: Aman & Nyaman
Biaya naik Bus Damri juga murah. Saat ini masih Rp 20.000 per sekali jalan. Bandingkan jika kita naik taksi. Dari tempatku di Kebon Jeruk, naik Blue Bird bisa kena Rp 90.000-an (sudah termasuk tol). Itu pun sudah lewat Tol Lingkar Luar Barat yang lebih singkat jaraknya. Kalau lihat rute biasa Tol Dalam Kota (lewat Taman Anggrek), bisa menembus Rp 100.000. Nah, masih lebih hemat Damri, bukan? Rp 20.000 vs Rp 100.000.

BANDARPOKER
Nah, Anda bandingkan saja dengan jarak rumah Anda ke Bandara. Cukup hematkah dengan taksi? Kalau kita lebih dari 1 orang yang berangkat ke bandara, bolehlah bisa lebih hemat naik taksi. Bisa lebih efisien juga. Dan kalau kita sedang terkena jurus ”telat”, barulah pakai taksi sebagai senjata pamungkas.
Namun, jangan sembarangan pilih taksi. Salah pilih, bisa makan hati. Mulai dari yang taksinya bau rokok, sampai supirnya yang ugal-ugalan. Pilih yang sudah pasti ternama, dan catat nama pengemudi serta nomor pintunya. Jadi, kalau sewaktu-waktu ada barang ketinggalan, bisa dilacak dengan cepat.
Nah, untuk memudahkan Anda mencari Bus Damri, berikut saya berikan alamat counter Damri di Jabodetabek dan sekitarnya, berikut nomor telponnya. Siapa tahu Anda ingin cari informasi apakah bus Damrinya masih tersedia atau sudah habis, bisa ditanyakan di nomor telpon tersebut. Nomor tlp ini aku ambil dari karcis resmi Damri. Jadi, mudah-mudahan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya. Semoga ada manfaat.
Sebenarnya saya punya usul buat Damri. Akan lebih asyik kalau Damri menyediakan report keberangkatan busnya dari tiap counter, melalui twitter. Jadi, semua orang bisa mendapatkan informasi yang up to date tentang bus Damri jurusan Bandara Soekarno Hatta.

SAKONG
Untuk kasus seperti saya misalnya, tinggal di Slipi, pengen naik Damri, tentu mencegat Damri dari 2 counter. Bisa dari Blok M, atau bisa dari perempatan Slipi Palmerah. Kalau harus ke Blok M dulu, tentu memakan waktu dan tenaga, serta ongkos. Saya ingin naiknya dari perempatan Slipi saja. Nah, agar tahu, apakah bus Damrinya sudah lewat, baru lewat, atau belum lewat, atau sudah habis, enaknya sih nyontek via twitter.

CAPSASUSUN
Jadi, tiap bus Damri dari Lebak Bulus yang berangkat, langsung dikasih tahu via twitter bahwa busnya baru berangkat atau keluar dari Lebak Bulus pkl 17.00. Jadi saya bisa leha-leha dulu di rumah hingga pukul 16.30, dan baru berangkat menuju perempatan Slipi Palmerah pukul 17.00. Jadi, nunggu busnya ndak terlalu lama. Usulan ini sudah saya kirimkan ke website Damri. Tapi belum ada respon. Kalau ini berlaku di semua counter Damri, tentu luar biasa dampaknya. Peminat Damri akan bertambah, karena calon pelanggan tahu, harus dimana mencegat bus Damri yang menuju bandara. Mudah-mudahan usulan iseng saya direalisasikan oleh Damri.
TEMPAT KEBERANGKATAN BUS DAMRI DARI DAN KE BANDARA SOETTA
 No
NAMA LOKASI
HARGA
LOKASI “NGETEM”
No Telpon
Rute & Keterangan
1
Counter Damri Charter
Terminal 1B Bandara Soetta
021 – 5501290
Tlp: 021 – 460-3708 / 550-1290
2
Informasi bandara
Bandara
021 – 5505179
3
Blok M
Rp 40rb
Depan Plaza Blok M
021 –
Blok M (dekat SMA 6) – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Sudirman – Jl. Senayan (berhenti) – Semanggi – Jl. Gatot Subroto – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta (arah sebaliknya keluar tol di Tomang, RS. Harapan Kita)
4
Bogor
Rp 55rb
Botani Square
0251 – 9241928
Jl. Bina Marga – Depan Restoran Yeni – Tol Bogor – Tol Jagorawi – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
5
Cikarang
Rp 50rb
Plaza Cikarang Baru Jababeka
Plaza Cikarang Baru (Jababeka) – Jl Raya Cikarang – Tol Cikarang Timur – Tol Cawang -Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
6
Gambir
Rp 40rb
Set. Kereta Api Gambir
021 – 3862361
Belakang Stasiun Gambir – Medan Merdeka Timur – Jl. Ridwan Rais – Jl. Kategral – Jl. Pos PS Baru – Jl. Gunung Sahari – Jl. Angkasa kemayoran – Jl. Benyamin Sueb – Jl. Tol Pelabuhan (RE Martadinata) – Tol Sedyatmo – Jl. Raya Bandara – Bandara Soekarno Hatta
7
Bekasi
Rp 45rb
Terminal Kayuringin Bekasi
Terminal Kayu ringin – Tol Bekasi Barat – Tol Cawang – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
8
Kemayoran
Rp 40rb
Pool Damri Kemayoran
021 – 4245783
Kemayoran – Gunung Sahari – Mangga Dua Square – Tol Ancol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno Hatta
9
Kampung Rambutan
Rp 40rb
Terminal Kp. Rambutan
021 – 8400062
Terminal Kampung Rambutan – Putaran Lampu Merah Pasar Rebo – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
10
Lebak Bulus
Rp 40rb
Terminal Lebak Bulus
021 – 7509773
Terminal Lebak Bulus – Pondok Indah – Slipi Palmerah – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Bandara Soekarno-Hatta
11
Mangga Dua
Rp 40rb
Mangga 2 Square
021 – 62313000
Mangga Dua Square – Tol Ancol – Tol Dalam Kota – Tol Sedyatmo II – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno Hatta
12
Pasar Minggu
Rp 40rb
Terminal Pasar Minggu
021 – 7802804
Terminal Pasar Minggu – Pancoran – Jl. Gatot Subroto – (Tol Dalam Kota )- Tol Sedyatmo – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno-Hatta
13
Rawamangun
Rp 40rb
Terminal Rawamangun
021 – 48974555
Terminal Rawa Mangun – Jl Pemuda – Rawasari – Tol Sedyatmo – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno-Hatta
14
Serang
Rp 60rb
Terminal Serang
0254 – 221175
Merak – Cilegon – Tol Serang – Terminal Pakupatan – Tol Tangerang – Kebon Nanas – Jl. Pembangunan – Bandara Soekarno Hatta
15
Tanjung Priok
Rp 40rb
Terminal Tj. Priok
021 – 43930178
Tanjung Priok – Tol Priok – Tol Sedyatmo – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno Hatta
16
Purwakarta  Rp 65rb Pool Damri Purwakarta
Poll Damri Purwakarta – Grand Wisata Purwakarta – Tol Cikampek – Tol Cawang – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno Hatta / Jalur lain: Poll Damri – Tol Cikampek – Tol Grogol – Tol Sedyatmo – Tol Cengkareng – Bandara Soekarno Hatta
Update jurusan Bandara Soekarno-Hatta ke tempat yang belum dimasukkan ke tabel adalah Harapan Indah (Rp 45.000), Cibinong (Rp 55.000), Karawang (Rp 65.000), Tambun (Grand Wisata) (Rp 50.000), Super Mall Karawaci (Rp 50.000).
(Source: penyempurnaan dari website Damri http://www.damri.co.id/park-blog/18-trayek-tarif-damri-bandara-soekarno-hatta.html & http://bayni.blogspot.com)

Sekalian juga saya sertakan lokasi terminal tiap airline. Biar ketika sampai di bandara, langsung sudah tahu mau turun di terminal berapa dan tidak sampai salah alamat. Sewaktu menunggu istri di bandara, saya kaget karena mendengar seorang bos marah-marah karena anak buahnya salah menjemput beliau di terminal berbeda. Miskomunikasi seperti ini bisa dihindari dengan informasi di bawah ini. Ada baiknya Anda memastikan betul lewat telpon apakah pesawat yang Anda nanti kedatangannya mengalami delay, atau tetap on schedule. Tinggal pencet nomornya di hape. Mudah-mudahan belum berubah nomor tlpnya. Kalau ada yang kurang update, sila kirim revisinya di blog ini ya. Semoga tulisan ini ada manfaatnya.
INFORMASI PENERBANGAN
No

Maskapai Penerbangan
Lokasi Pemberangkatan
No Telpon
1
Lion Air
Terminal 1A / 1B
021 – 5500839
2
Wings Air
Terminal 1A
021 – 5594420
3
Sriwijaya Air
Terminal 1B
021 – 6405566
4
Batavia Air
Terminal 1C
021 – 38999888
5
Citilink
Terminal 1C
021 – 23500109
6
Garuda
Terminal 2F
021 – 23519999
7
Merpati
Terminal 2F
021 – 5507395
8
Air Asia
Terminal 3 (International)
021 – 80899099
9
Air Asia
Terimnal 3 (Domestik)
021 – 80899099

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...