cursor

Toad Jumping Up and Down

Senin, 12 Maret 2018

6 Cara Bertahan Hidup Seminggu Sebelum Gajian

Switch sebentar kebiasaan Anda demi bisa survive hingga saatnya gajian!

Saat-saat yang paling ditunggu oleh para pekerja tiap bulannya adalah gajian. Kalau hari gajian sudah tiba, dunia terasa lebih indah. Rasanya, semua hal bisa dan mampu Anda beli. Benar, kan?


CAPSASUSUN

Sayangnya, seminggu sebelum gajian merupakan waktu-waktu yang paling genting. Uang yang sudah menipis tapi tetap harus beraktivitas di luar rumah membuat Anda wajib mengambil langkah pintar agar uang tidak cepat habis. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa cara untuk tetap bertahan hidup sebelum hari gajian tiba.
Ganti menu sarapan

B1

Kalau biasanya Anda mampir ke restoran cepat saji, membeli nasi uduk atau bubur ayam untuk sarapan, sebaiknya mulai ganti menu sarapan Anda. Cukup sepotong roti atau sekotak kecil susu kemasan sudah bisa membuat perut kenyang dan bertahan sampai makan siang. Menghemat sekitar Rp 5,000 per hari cukup berarti lho, saat masa-masa tanggal tua. Mau lebih hemat lagi? Ganti sarapan dengan sebuah pisang saja dan minumnya cukup air putih. Pisang terbukti bisa menahan lapar sekaligus memberi energi yang cukup di pagi hari.

BANDARPOKER

Bawa bekal nasi

B2

Kalau tidak bisa bawa lauk pauk dari rumah atau kosan, bawa saja bekal nasi ke kantor. Lauknya bisa Anda beli di kantin atau rumah makan dekat kantor. Membeli lauk pauk tanpa nasi terhitung lebih murah sehingga Anda bisa sedikit lebih berhemat. Agar kenyang lebih lama, bawa porsi nasi yang lebih banyak. Jika tidak habis saat makan siang, Anda bisa menghabiskannya di sore atau malam hari saat lembur.

SAKONG

Pilih-pilih transportasi

B3

Biasa naik taksi atau ojek ke kantor? Seminggu sebelum gajian ini sepertinya Anda harus sedikit bersusah payah dahulu. Sesekali berdesak-desakan naik commuter line, Transjakarta atau angkutan umum lainnya bisa membantu Anda dalam menghemat uang transportasi. Mungkin akan terasa kurang nyaman, tapi coba deh, bertahan hanya selama seminggu. Atau coba layanan Nebengers. Siapa tahu ada user yang membawa kendaraan sejalan dengan arah kantor Anda.
Puasa merokok

B5

Bagi Anda yang perokok aktif, stop merokok untuk sementara waktu bisa jadi pilihan. Coba deh, kalau dalam sehari kamu mengeluarkan uang Rp 20,000 untuk membeli rokok, dalam seminggu Anda bisa hemat Rp 140,000! Uangnya pun bisa Anda alokasikan untuk membeli makan siang yang jelas lebih penting! Badan juga jadi lebih sehat karena Anda terbebas dari asap rokok dalam seminggu. Malah lebih bagus lagi kalau puasa merokok ini berlanjut hingga akhirnya Anda memutuskan untuk berhenti merokok.
Pilih kopi kemasan

B4

Hobi ngopi cantik di kafe? Coba absen dulu dari kegiatan satu ini. Selain harga kopi yang lumayan mahal, minum kopi di kafe justru bisa membuat Anda mengeluarkan uang ekstra karena lapar mata melihat berbagai cemilan dan kue yang ada. Kalau tetap membutuhkan kopi untuk menemani Anda bekerja seharian, kunjungi pantry di kantor Anda. Beberapa kantor biasanya menyediakan coffee machine atau minimal ada kopi sachet dan dispenser. Anda pun bisa menikmati kopi gratis. Atau bisa juga Anda menyiapkan kopi kemasan di laci kantor sebagai ‘penyelamat’ Anda saat tanggal tua. Harganya juga lebih murah sehingga Anda bisa menghemat uang lebih banyak lagi.
Hemat pulsa internet

B6

Kalau pernah mendengar istilah ‘fakir Wi-Fi’, mungkin Anda akan mengalaminya saat seminggu sebelum gajian. Daripada harus membeli pulsa internet tambahan saat kuotanya sudah habis, lebih baik manfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis yang sudah banyak tersedia di berbagai tempat. Salah satunya mungkin kantor Anda. Agar BBM, WhatsApp, atau Line tetap tersambung di luar area Wi-Fi gratis, Anda bisa berlangganan paket internet chatting dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan paket internet komplet. Beberapa provider telco juga menawarkan berbagai paket hemat, misalnya browsing lebih murah dengan kuota lebih besar di pukul 22.00 malam hingga 05.00 pagi (tapi jangan lupa tidur, ya!). Ini cocok bagi Anda yang memiliki jadwal kerja tak tentu (atau saat Anda sedang dikejar deadline!). Selamat berhemat!

Punya tips jitu ‘bertahan hidup’ sebelum tanggal gajian tiba? Share di bawah ini, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...