cursor

Toad Jumping Up and Down

Minggu, 11 Maret 2018

Cara Menjadi Pribadi yang Selalu Bersyukur

Apakah Anda pernah mendengar Ibu atau sahabat Anda menyebut Anda orang yang kurang bersyukur?

CAPSASUSUN

Apakah Anda merasa tak bisa menghargai keindahan, alam, dan cinta yang ada di sekeliling Anda? Apakah Anda terobsesi memiliki benda-benda yang tidak Anda punyai, bukannya mensyukuri yang Anda miliki saat ini? Kalau seperti itu, Anda perlu berusaha menjadi orang yang lebih bersyukur.
Bagian 1
Ubah Sudut Pandang Anda

 
    Buat daftar hal-hal yang Anda syukuri setiap hari Minggu. Tak perlu menunggu hari Thanksgiving atau hari raya lainnya untuk mensyukuri segala hal. Setiap hari Minggu, ambil notes dan duduklah selama lima belas menit. Buatlah daftar semua hal yang Anda syukuri. Pikirkan hal baru sebanyak-banyaknya, dan selalu munculkan setidaknya sepuluh hal, entah itu besar atau kecil. Barangkali Anda bisa menulis, Kasih Ibu yang tak ada habisnya atau Lukisan teman sekamar saya yang dia buat untuk saya.


BANDAR66

        Tantang diri Anda sendiri. Pikirkan setidaknya lima belas hal baru yang Anda syukuri setiap minggu.
        Menuliskan hal-hal yang Anda syukuri akan membuat Anda lebih menghargai hal-hal tersebut.

    Syukuri persahabatan Anda. Banyak orang merasa bersalah karena menganggap remeh teman-temannya. Anda mungkin berpikir bahwa teman-teman Anda hadir begitu saja, seperti sofa di ruang tamu atau pohon di halaman rumah Anda. Namun sayangnya tidak begitu, wahai pembaca. Jika Anda terlalu lama menganggap remeh teman-teman Anda, perlahan-lahan mereka akan meninggalkan Anda. Jadi, setiap kali Anda pergi jalan-jalan dengan salah seorang teman Anda, renungkan betapa penting artinya orang ini bagi Anda, betapa banyak yang telah dia lakukan untuk Anda, dan betapa beruntungnya Anda memiliki orang ini dalam hidup Anda.


CAPSASUSUN

        Memang, tak ada orang yang sempurna, dan salah seorang teman Anda mungkin sesekali kecewa terhadap Anda. Tapi apakah Anda sendiri seorang kawan yang tak bercela? Sepertinya tidak.

    3
    Syukuri keluarga Anda. Keluarga adalah satu hal yang patut Anda syukuri. Orangtua Anda mungkin adalah orang yang mengatakan bahwa Anda sebaiknya perlu lebih banyak bersyukur. Jadi, luangkan waktu untuk mengatakan kepada keluarga Anda mereka sangat berarti bagi Anda, untuk membantu orang-orang di rumah, menelepon atau menulis surat jika Anda tinggal di tempat yang jauh satu sama lain, dan mengatakan kepada orang yang membesarkan serta tumbuh bersama betapa mereka sangat berarti dalam hidup Anda.

SAKONG

       Jangan biarkan satu hari berlalu tanpa mengatakan kepada keluarga Anda bahwa Anda sangat meyayangi mereka.
        Jika Anda tidak dibesarkan oleh keluarga yang memperlakukan Anda dengan baik, pada akhirnya Anda harus menerima itu. Walaupun sama sekali tidak adil, jika Anda ingin berusaha untuk lebih bersyukur, fokuslah pada orang-orang yang termasuk dalam sistem pendukung Anda, bukan orang-orang yang tidak hadir.


BANDARPOKER

  4
    Syukuri semua perbuatan baik yang dilakukan untuk Anda. Sepanjang sejarah, bayangkan betapa banyak orang yang telah memberi sumbangsih sehingga Anda bisa menjadi diri Anda yang sekarang melalui kerja keras yang tak terlihat dan sikap mau berkorban. Menyadari bahwa Anda tidak bisa menjadi pribadi seperti sekarang ini seandainya tidak ada orang-orang tersebut merupakan satu langkah penting menjadi orang yang penuh syukur.


SAKONG

        Sebagian dari orang-orang ini tidak dikenal. Misalnya, orang-orang yang menulis artikel Wikipedia. Untuk itu, Anda tidak pernah tahu sebenarnya sudah seberapa besar bantuan dari seorang asing atau teman Anda. Kadang-kadang orang yang sangat bermoral bisa menjadi sangat rendah hati.
 
    5
    Syukuri kesehatan Anda. Kesehatan adalah satu hal yang kerap disepelekan orang, dan Anda perlu merenungkan hal ini jika suatu saat Anda mendapati diri sedang mengeluh. Ya, Anda mungkin kehilangan ponsel atau terlibat perselisihan dengan sahabat Anda, dan hal-hal itu memang tidak menyenangkan, tapi Anda bisa melewati itu semua dan akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dengan mudah. Kondisi fisik lemah yang tidak dapat dipulihkan dengan mudah dapat mengubah jalan hidup Anda. Jadi, jika suatu saat Anda merasa seluruh dunia membenci Anda, berbahagialah Anda masih memiliki tubuh yang sehat.

CAPSASUSUN

        Bersyukurlah atas udara yang Anda hirup, pikiran yang jernih, dan langkah yang ringan. Ada begitu banyak orang yang tidak terlalu beruntung, tapi bisa tetap bersyukur.
        Anda akan lebih bersyukur jika pernah merasa khawatir mengenai kondisi kesehatan Anda, dan kemudian menyadari bahwa semuanya baik-baik saja. Tapi semoga tidak harus sampai seperti ini.

   BANDARPOKER
    6
    Syukuri atas kesempatan yang Anda miliki. Syukurilah atas segala hal yang mampu Anda lakukan. Ini maksudnya, Anda bisa ke sekolah, bekerja, memiliki kemewahan untuk menghabiskan malam bersama teman-teman, atau mampu membeli jaket yang Anda taksir. Hal ini juga bisa berarti kesempatan untuk bepergian atau mempelajari sesuatu yang menarik bagi Anda bahkan seandainya itu bukan hal yang praktis. Kesempatan adalah, berbagai hal yang dapat Anda lakukan sementara orang lain hanya bisa memimpikan melakukan hal itu, jadi pastikan untuk mensyukuri semua kesempatan yang diberikan kepada Anda.


BANDARQQ


        Memang, ada orang yang diberi lebih banyak kesempatan daripada Anda, tapi kemudian Anda jangan berkubang dalam kesedihan atau iri hati.

    7
    Bersyukurlah atas alam. Keindahan alam ada di sekitar Anda, bahkan meskipun Anda tinggal di jantung kota besar. Pergilah ke taman kota atau berjalan-jalanlah mengitari danau, lalu syukuri semua keindahan di sekitar Anda. Meluangkan waktu dua puluh menit sehari untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda dapat membuat Anda lebih mensyukuri semua kesempatan yang Anda dapatkan.
        Bahkan meskipun pada hari hujan dan muram, Anda dapat mensyukuri bunyi hujan yang menenangkan.

POKER

    8
    Ambil hikmah dari setiap kejadian. Jika Anda ingin menjadi orang yang bersyukur, Anda perlu belajar melihat sisi positif dari situasi apa pun. Berhentilah merengek dan mengeluh dan pikirkan hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia, bukan hal-hal yang menghalangi Anda serta kebahagiaan. Jika Anda ingin bersyukur, taklukanlah pikiran-pikiran negatif Anda dengan memikirkan tiga hal positif untuk setiap satu pikiran negatif.

SAKONG

        Tempatkan segala hal dalam sudut pandang yang benar. Anda mungkin kesal karena gagal dalam ujian matematika, tapi Anda tidak mengalami masalah keuangan. Ingat bahwa selalu ada orang yang masalahnya lebih besar daripada masalah Anda, dan fokuslah untuk tetap positif serta bahagia dengan hal-hal yang Anda miliki.

CAPSASUSUN

    Gambar berjudul Be Grateful Step 8
    9
    Berhentilah menganggap diri Anda korban. Orang yang tidak bersyukur selalu menyalahkan orang lain atas masalah mereka dan berpikir bahwa kejadian buruk yang terjadi bukanlah kesalahan mereka. Jika Anda ingin menjadi orang yang bersyukur, berhentilah untuk berpikir bahwa dunia, guru, bos, teman-teman, atau keluarga Anda semua menyerang Anda, kemudian fokuslah mencari cara-cara yang bisa membantu untuk mempermudah hidup Anda.
        Pegang kendali hidup Anda. Berhentilah berpikir bahwa Anda adalah korban dari situasi buruk dan fokuslah pada hal-hal dalam hidup Anda yang memang adalah keadaan baik.


PELANGIQQ.VEGAS

Bagian 2
Ubah Interaksi Anda

    Gambar berjudul Be Grateful Step 9
    1
    Ucapkan “terima kasih” kepada orang asing. Itu perlu dilakukan. Berterimakasihlah kepada gadis yang menghidangkan kopi kepada Anda pada pukul enam pagi; mungkin dia lelah dan butuh kata-kata penyemangat. Berterimakasihlah kepada pelayan atau petugas kasir di toko bahan makanan tempat Anda belanja. Berterimakasihlah kepada pelayan di restoran yang membukakan pintu untuk Anda. Berterimakasihlah kepada supir taksi yang mengantar Anda sampai tujuan dengan selamat.
        Mengucapkan terima kasih tak hanya bagian dari sopan-santun, tapi juga akan membuat Anda memiliki pola pikir yang penuh syukur.

POKER   

Gambar berjudul Be Grateful Step 10
    2
    Katakan kepada orang-orang yang Anda kasihi betapa Anda bersyukur atas mereka. Mengucapkan terima kasih kepada orang asing barangkali lebih mudah daripada mengucapkan terima kasih kepada orang yang sangat Anda sayangi. Namun, jika Anda ingin menjadi orang yang bersyukur, Anda perlu berterima kasih kepada teman-teman dan keluarga Anda setiap kali mereka menolong Anda, atau Anda bisa berterima kasih atas keberadaan mereka selama ini dan katakan kepada mereka bahwa kasih dan dukungan mereka selama ini sangat berarti bagi Anda.
        Anda mungkin tidak senang merasa lemah, tapi rasanya tidak akan terlalu buruk begitu Anda sudah terbiasa berterima kasih kepada orang yang benar-benar Anda sayangi.
   
    3
    Tulis kartu ucapan "terima kasih." Jangan hanya memberikan kartu ucapan "terima kasih" untuk bos atau sekretaris Anda, tapi bangun kebiasaan untuk mengirimkan kartu ini setiap kali ada orang yang benar-benar menolong Anda. Mungkin Anda bisa mengirimkannya kepada teman yang sudah lama tidak berkontak, yang memperbolehkan Anda mampir ke rumahnya selama tiga malam berturut-turut ketika Anda lewat di sekitar tempat tinggalnya. Mungkin Anda bisa mengirimkannya kepada teman sekelas yang menghabiskan waktu selama berjam-jam menjelaskan konfigurasi elektron kepada Anda. Mengirimkan kartu akan menunjukkan betapa Anda orang yang penuh syukur.
        Apa pun perbuatan baik itu, menulis kartu ucapan terima kasih tidak hanya akan membuat orang lain tersenyum, tapi akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bersyukur karena Anda menuangkan rasa terima kasih ke dalam kata-kata.

    Gambar berjudul Be Grateful Step 12
    4
    Bantu orang lain dengan senang hati. Orang yang tidak bersyukur biasanya dikenal orang yang egois, dan hanya mau bergaul dengan orang yang bisa mereka "manfaatkan." Karena itu, lakukan yang sebaliknya dan tawarkan bantuan kepada teman-teman tanpa diminta. Barangkali teman Anda hari itu sibuk sekali dan butuh orang untuk membelikan makanan; mungkin teman Anda butuh bantuan untuk mengambil gaun pesta perpisahan. Apa pun tugasnya, akui saja, Anda akan merasa berterima kasih jika Anda mendapat bantuan seperti itu.

CAPSASUSUN


        Membantu orang lain akan mengurangi sifat egois Anda dan akan membuat Anda menjadi orang yang lebih berterima kasih nantinya.

SAKONG


    Gambar berjudul Be Grateful Step 13
    5
    Berhentilah mengeluh di Facebook. Ini hal yang sederhana. Jangan menulis status di Facebook dan mengatakankepada 500 teman Anda mengenai hari buruk yang Anda alami, soal lalu lintas yang kacau sehingga Anda terjebak selama 25 menit, atau bahwa Anda sudah kehilangan ponsel untuk ketiga kalinya. Jangan mengeluh soal "orang-orang yang suka membenci" yang membuat hidup Anda lebih sulit dan jangan mengeluh tentang orang-orang yang tidak tulus dan hanya memanfaatkan Anda. Jangan gunakan Facebook sebagai forum untuk meluapkan pikiran negatif Anda.
        Mengeluh di Facebook dan mengajak orang lain mendukung keluhan Anda dengan komentar serta tanda jempol hanya akan memantik perilaku kurang bersyukur.
        Jika Anda benar-benar perlu membagikan sesuatu yang personal kepada seluruh teman Facebook Anda, cobalah ungkapkan secara positif.
    Gambar berjudul Be Grateful Step 14
    6

BANDARPOKER

    Bersikaplah baik kepada orang tua. Jangan lagi berpikir bahwa mengunjungi nenek atau kakek Anda merupakan kewajiban semata. Bersyukurlah atas orang-orang tua dan wawasan yang mereka sampaikan dan sadarilah bahwa mereka tidak selamanya ada. Lewatkan saat-saat yang berharga dengan kakek nenek Anda selagi bisa, jika Anda cukup beruntung masih memiliki mereka. Jika tidak, bersikaplah baik kepada anggota keluarga Anda yang sudah tua dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda sangat menghargai kebijaksanaan dan cinta mereka.


BANDARQQ

        Anda pun kelak akan menjadi tua, Sobat. Apakah Anda mau punya cucu yang buru-buru menghabiskan waktu dengan Anda karena ingin jalan-jalan dengan teman-temannya di mal?
 
SAKONG
    Hindari rasa iri seperti Anda menghindari wabah penyakit. Iri hati adalah sifat orang yang tidak bersyukur. Jika Anda tidak bersyukur, Anda pasti terus membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain, berharap Anda menjadi orang lain, dan sangat berharap memiliki kekasih, mobil, pakaian, atau wajah seperti salah seorang teman Anda atau bahkan orang yang benar-benar asing. Jika Anda ingin menjadi orang yang bersyukur, segera hentikan sikap suka membanding-bandingkan itu. Jika tidak, Anda tak akan pernah bahagia dengan hal-hal yang Anda miliki.

CAPSASUSUN

        Ingatlah bahwa mustahil benar-benar membandingkan diri Anda dengan orang lain tanpa mengetahui seluruh kisahnya. Ya, Anda mungkin berharap Anda punya uang sebanyak uang sahabat Anda, tapi mungkin dia berharap orangtuanya saling mencintai seperti halnya orangtua Anda.

Bagian 3
Latihan Bersyukur

    Gambar berjudul Be Grateful Step 16
    1
    Menjadi tenaga sukarela. Menjadi tenaga sukarela di komunitas Anda adalah cara untuk menunjukkan betapa Anda mensyukuri hal-hal yang diberikan kepada Anda. Entah Anda membantu membersihkan taman wilayah, bekerja di dapur umum, atau mengajari membaca anak-anak atau orang dewasa di lingkungan Anda, Anda akan menjadi orang yang lebih bersyukur jika Anda mau memberikan waktu kepada orang-orang yang kurang beruntung dan menghargai semua hal yang mereka tawarkan kepada Anda.

SAKONG


        Jika Anda sangat menyukai kerja sukarela, Anda bahkan bisa melakukan perjalanan untuk melakukan kerja sukarela ke negara lain. Hal ini akan benar-benar mengubah cara pandang Anda dan akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bersyukur.

    Gambar berjudul Be Grateful Step 17
    2
    Ucapkan syukur kepada alam. Benar begitu. Pergi ke taman dan duduk di bawah sinar matahari dapat membantu Anda menghargai segala hal yang Anda miliki dalam hidup. Bersyukurlah kepada alam dengan berenang, bermeditasi di taman, melakukan perjalanan lintas alam, naik gunung. Bersyukur kepada alam akan membuat Anda melihat betapa fananya hidup Anda dan betapa Anda semestinya mensyukuri hal-hal kecil yang diberikan hidup kepada Anda.
        Menghabiskan semakin banyak waktu di luar alih-alih terkungkung terus di dalam rumah akan membuat Anda merasa lebih bersyukur.
CAPSASUSUN

    3
    Lakukan yoga. Yoga adalah praktik untuk bersyukur. Ketika Anda merentangkan tangan untuk melatih keseimbangan dan melakukan gerakan vinyasa, saat itulah Anda mencari hubungan antara pikiran dan tubuh sehingga Anda bisa mensyukuri setiap napas, setiap gerakan, dan setiap orang di sekitar Anda. Yoga akan mengingatkan Anda bahwa dunia memiliki yang Anda butuhkan dan Anda memiliki apa yang diinginkan dunia.
        Melakukan yoga setiap minggu akan membantu Anda menghargai hal kecil dan akan membuat Anda merasa cukup.
        Yoga adalah latihan untuk bermurah hati dan menawarkan apa yang Anda miliki kepada dunia. Dengan melakukannya, keegoisan Anda akan berkurang dan Anda akan lebih bersyukur.
    Gambar berjudul Be Grateful Step 19

MEMEBRPELANGI.COM

    4
    Lakukan kebaikan kapan saja. Jangan melakukan kebaikan hanya kepada teman dekat atau anggota keluarga Anda saja. Bantulah tetangga Anda mencari anjingnya yang hilang. Ketika ada seorang gadis di kafe yang menumpahkan kopi, beri bantuan untuk membersihkan. Bantu wanita tua membawa barang belanjaannya. Kadang-kadang kesempatan ini akan muncul dengan sendirinya--Anda tidak perlu mencari-cari kesempatan. Dan ketika kesempatan itu tiba, lakukan kebaikan dengan murah hati maka Anda akan lebih mensyukuri keberadaan Anda di dunia ini.
        Buat tujuan untuk setidaknya melakukan satu perbuatan baik setiap bulan. Cobalah untuk memenuhi ini setiap minggu. Coba pikir untuk melakukan satu kebaikan dalam sehari? Anda tidak tahu jika belum mencobanya.

DOMINO99

    Gambar berjudul Be Grateful Step 20
    5
    Beri hadiah kepada teman yang membuatnya senang. Memberi hadiah adalah suatu latihan untuk bersyukur. Tidak perlu menunggu sampai teman Anda berulang tahun untuk memberinya hadiah jika Anda ingin dia tahu betapa berartinya dia bagi Anda. Jika Anda melihat bingkai foto yang manis di pameran kerajinan, pasang foto kalian berdua dan berikan kepadanya; jika Anda melihat aksesori yang cocok untuk teman Anda, ambil dan hadiahkan itu dalam kantung kado yang mungil. Yang penting bukan harganya, melainkan perhatian.
        Memiliki kebiasaan memberikan kado kepada teman Anda semata-mata karena Anda perhatian kepada mereka dan Anda ingin mereka merasa istimewa adalah suatu cara untuk menjadi orang yang penuh syukur.

Saran

    Ucapkan terima kasih kepada setiap orang di sekitar Anda atas hal-hal yang sederhana, (tapi jangan terlalu berlebihan karena bisa mengganggu) untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda.
    Usahakan untuk menghabiskan makanan.
    Jangan mengeluh mengenai hal-hal yang Anda anggap remeh, misalnya sekolah, orangtua yang berusaha untuk selalu melindungi, dsb.
    Bacalah buku misalnya, Parvana dan Parvana's Journey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...