cursor

Toad Jumping Up and Down

Sabtu, 10 Maret 2018

Daftar Makanan yang Baik dan Buruk untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur



Tidur adalah salah satu aktivitas favorit setiap orang. Sayangnya, faktor-faktor tertentu dapat mengganggu kualitas tidur seseorang, sehingga membuat Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Namun, tahukah Anda jika apa yang Anda makan sebelum tidur juga berpengaruh terhadap kualitas tidur?

BANDAR66

Bolehkah makan sebelum tidur?

Studi dari Universitas Northwestern yang dikutip webMD menemukan bahwa makan di malam hari berkontribusi terhadap kenaikan berat badan hingga dua kali lipat, bahkan ketika total kalori yang dikonsumsi sama. Sayangnya, penelitian tersebut terbatas dilakukan pada tikus, bukan manusia. Namun terlepas dari ketidakpastian tersebut, makan terlalu dekat dengan waktu tidur memang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah tidur.

Meskipun Anda tidak dianjurkan untuk makan terlalu dekat dengan waktu tidur, bukan berarti Anda harus tidur dengan rasa lapar. Jika Anda merasa lapar di malam hari, pastikan Anda tahu apa saja makanan sebelum tidur yang sehat dan tidak sehat.
Makanan yang boleh dikonsumsi sebelum tidur
1. Susu

Minum segelas susu hangat atau teh herbal sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda menghasilkan melatonin. Melatonin adalah hormon yang dapat mengatur siklus bangun dan tidur. Produksi melatonin dapat membantu tubuh mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh siap tidur.

BANDARPOKER

2. Pisang

Makan pisang sebelum tidur dapat membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak, karena pisang mengandung pelemas otot alami seperti magnessium, potassium, amino acid tryptophan, dan vitamin B6 yang dapat membantu Anda mengurangi kesulitan tidur atau insomnia.


3. Ubi jalar dan kentang

Ubi jalar dan kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu tidur, dan potassium yang berkontribusi dalam relaksasi otot.


4. Madu

Madu dapat membantu Anda rileks dan memudahkan tidur di malam hari. Kandungan gula alami di dalam madu dapat meningkatkan insulin dan tryptophane. Sehingga, makan satu sendok madu sebelum tidur dapat membantu Anda tidur nyenyak.

5. Makanan yang mengandung lycopene

Lycopene adalah jenis antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur yang berwarna merah atau oranye, seperti tomat, jeruk, semangka, pepaya, dan lain-lain. Konsumsi lycopene sebelum tidur dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.
Makanan yang harus dihindari sebelum tidur


SAKONG

Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah:
1. Stimulan

Stimulan seperti kafein dan gula bisa membuat Anda lebih sulit tidur. Jadi, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari kafein atau gula sebelum Anda berencana untuk tidur. Jangan minum teh atau kopi setidaknya beberapa jam sebelum tidur. Selain itu, Anda juga perlu menghindari rokok dan alkohol sebelum tidur karena keduanya tidak akan membantu Anda untuk tidur.

CAPSASUSUN

2. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti burger, es krim, atau makanan cepat saji lainnya dapat menghasilkan asam dalam lambung. Bahkan, kandungan lemak stratosfer pada makanan cepat saji dapat menstimulasi produksi asam lambung di perut, sehingga bisa menyebabkan mulas. Hal tersebut tentu dapat mengganggu tidur Anda.



3. Makanan pedas

Konsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat mengganggu tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh capcaisin, bahan aktif dalam cabai yang dapat mempengaruhi tidur memalui perubahan suhu tubuh.

4. Dark chocolate

Cokelat hitam ternyata mengandung kadar kafein yang cukup tinggi dan theobromine yang dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari, terlebih jika Anda sensitif terhadap kafein.

PELANGIQQ.VEGAS

5, Ayam

Ayam atau jenis protein lain akan menjadi kontraproduktif  jika dikonsumsi di malam hari. Makan banyak protein atau ayam sebelum tidur akan membuat pencernaan berjalan lebih lambat, sehingga waktu yang seharusnya Anda gunakan tidur justru akan digunakan untuk mencerna makanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...