cursor

Toad Jumping Up and Down

Jumat, 02 Maret 2018

Ajari aku untuk menjadi rendah hati, bukan rendah diri

 Banyak orang masih salah mengartikan antara rendah hati dan rendah diri. Memang kedua hal ini sama–sama bersikap merendah dan tidak menunjukkan sikap sombong dan egois, tetapi perbedaannya adalah pada persepsi yang ada di pikiran dan juga sikap yang ditunjukkan. Rendah diri adalah sikap yang memandang negatif dirinya sendiri sehingga dia malu dan takut untuk melakukan segala sesuatu terkadang juga mereka meremehkan kemampuannya sendiri (tidak percaya diri), sedangkan rendah hati adalah sikap di mana seseorang dapat memposisikan dirinya untuk tidak terlalu menonjolkan dirinya, tahu diri bahwa dirinya tidak sempurna dan lebih menghargai orang lain. Tetapi sayangnya di zaman sekarang ini jarang sekali orang yang memiliki kerendahan hati. Lalu, apa yang harus kita lakukan agar kita dapat bersikap rendah hati?

SAKONG


    1. Tahu kapasitas diri kita

    Memahami diri sendiri akan membantu kita untuk belajar menjadi orang yang rendah hati. Siapa diri kita, apa kemampuan yang kita miliki, kekurangan apa yang sering membuat kita jatuh, dan lain sebagai. Dengan demikian kita menyadari bahwa kita memerlukan orang lain.

BANDARQQ

    2. Mau menerima kritikan dan saran

    Bisa menerima kritikan dan saran dengan tidak berpikir negatif dahulu akan membantu kita untuk memiliki sifat yang rendah hati. Mungkin hal ini akan terasa sulit jika kita tidak memiliki keikhlasan hati, kritikan itu akan membentuk kita menjadi pribadi yang tidak hanya sekadar rendah hati bahkan lebih baik lagi.


DOMINO99

    3. Mau menerima kekurangan dan kelebihan orang lain

    Menerima kelebihan seseorang akan lebih mudah dibanding dengan menerima kekurangannya. Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak luput dari dosa dan kesalahan. Jangan berfokus kepada kesalahan atau kekurangan seseorang. Jika kita mau menerima kekurangan dan kelebihan seseorang kita akan lebih bisa menghargai mereka.

SAKONG

    4. Tidak terlalu berbicara banyak tentang dirinya

 Jika dahulu kita suka sekali membanggakan diri dengan apa yang kita punya, untuk sekarang berusahalah untuk mengurangi hal tersebut. Menjadi pusat perhatian dan menjadi pembicaraan orang lain karena kelebihan kita memang sangat menyenangkan, tetapi apa manfaatnya?

BANDARQQ

    5. Berani bertanggung jawab dan meminta maaf

    Jika kita melakukan kesalahan cepatlah mengakuinya dan meminta maaf, karena pribadi yang rendah hati juga peduli dengan perasaan orang lain. Butuh keberanian besar untuk mengakui kesalahan kita. Ini juga mengajar kita untuk jujur dalam segala hal.
   

    6. Bersedia dibimbing dan belajar

    Menyadai bahwa dirinya adalah pribadi yang tidak sempurna dan masih perlu untuk belajar lebih banyak lagi. Walaupun kita sudah memiliki segalanya entah itu ilmu atau materi, ingat selalu bahwa di atas langit masih ada langit.

POKER

    7. Berharap dan bersandar pada Tuhan

    Seseorang yang rendah hati akan menyadari bahwa setiap hal yang dimilikinya adalah titipan dari Tuhan yang harus dijaga dan diamalkannya. Jika kita ingin memiliki kerendahan hati tersebut maka berharaplah dan milikilah hubungan pribadi yang erat dengan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...