cursor

Toad Jumping Up and Down

Kamis, 01 Maret 2018

Tips Sederhana Perantau Mengatasi 'Homesick'


Memilih untuk meninggalkan rumah domisili sekaligus orang-orang terdekat untuk meraih cita-cita ke negeri orang tentu saja bukan pilihan yang mudah untuk dilakukan.

POKER

Sebagian besar orang pasti akan diperhadapkan berbagai persoalan dan dilema yang akan terjadi nantinya . Memutuskan untuk meninggalkan orang-orang terkasih demi suatu tujuan tentunya menjadi suatu pengorbanan yang lumayan besar.

BANDARPOKER

Namun tanpa kita sadari ‘Merantau’ memang sudah suatu tradisi di masyarakat kita. Demi mendapatkan Pendidikan di Universitas yang terbaik, Orang rela memilih untuk meninggalkan keluarganya ke Ibukota atau bahkan ke Luar Negeri. Tawaran remunerasi yang lebih sejahtera di kota-kota besar juga menjadi alasan masyarakat desa rela menjauh dari keluarga yang dikasihi untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan.

SAKONG

Atas dasar tujuan-tujuan tersebut, maka tak sedikit orang yang akhirnya menjalani Long Distance Relationship antara orang tua dan anak, hubungan Pacaran dan bahkan Antara suami dan istri.

Terpisah jauh dari Orang-orang yang dikasihi tentu saja akan menimbulkan rasa rindu yang senantiasa siaga mencuat tanpa kita ketahui waktu pastinya.


Kerinduan yang sangat dalam kepada orang-orang yang jauh di mata mungkin seringkali terjadi saat kita sedang sendiri. Tetapi rasa itu juga kadang muncul tak terduga bahkan saat sibuk kerja atau terjadi di jalanan saat melihat suatu keharmonisan yang ditunjukkan orang lain. Ketika seseorang Perantau benar-benar dilanda rasa rindu, bermacam ekspresi pun bermunculan seperti menangis, merenung atau bahkan merengek untuk kembali pulang.


CAPSASUSUN

Tak bisa dipungkiri, Rasa Rindu ini menjadi musuh utama bagi perantau. Hal ini memang tidak dapat disepelekan, tetapi karena telah menjadi pilihan sejak awal maka harus rela berkorban menahannya demi mencapai tujuan dan cita-cita meski sulit.


Namun demikian berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan untuk mengurangi kegalauan hati karena rasa rindu yang menggunung kepada orang-orang terkasih yang jauh di pelupuk mata. Check This Out!

1)Fokuslah akan Tujuan Merantau

Ketika homesick benar-benar merasuki dan tak tahan menahannya sehingga kadang berfikir untuk kembali pulang maka Ingatlah kembali tujuan awal anda merantau. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa harus sukses mencapai cita-cita dan Ingatkan kembali akan tujuan dan hasil yang akan diraih serta untuk siapa anda melakukannya. Dengan focus terhadap pekerjaan niscaya akan mengurangi sedikit kerinduan yang semakin menyesak di dada.



SAKONG


2)Maksimalkan Pemanfaatkan Teknologi

Memang sangat beruntung hidup di zaman sekarang. Jika para perantau dulu hanya mampu melampiaskan kerinduan melalui surat-menyurat yang prosesnya lama, maka di zaman canggih seperti sekarang kita disediakan banyak alternative. Dengan telepon kita tetap bisa mendengar dan menanyai kabar orang-orang terkasih yang jauh kapanpun secara real time. Bahkan fitur Video Call dan Video Chat memungkinkan kita untuk bertatap muka dengan orang-orang yang kita sayangi. Untuk itu, Homesick akan cukup teratasi dengan cara ini, paling tidak buatlah jadwal rutin untuk melakukan Video Call.


ADUQQ

3)Baca Lingkungan dan Beradaptasi dengan Lingkungan sekitar

Seperti kata peribahasa, Lain Lubuk Lain Pula Ikannya. Sebagai pendatang tentunya kita yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Ciptakanlah kenyamanan sendiri di negeri orang. Bisa dengan menjalin persahabatan baik dengan teman kantor atau warga sekitar lokasi tempat tinggal. Bergabung di komunitas yang kita gemari atau bahkan mencari teman sedaerah yang mungkin tinggal bersamaan di suatu lokasi.

4)Melakukan Hal-hal yang disukai

Berada di perantauan bukan berarti anda tak dapat melakukan hobi dan kegemaran. Tetaplah lakukan hobi sebisa mungkin dan kegiatan-kegiatan yang mampu menjaga mood agar tetap baik. Bisa dengan mencari bioskop atau menulis atau apapun yang membuat mood bagus.

PEANGIQQ.VEGAS


5)Memajang Foto Keluarga atau Orang Terkasih

Hal ini mungkin dilakukan oleh sebagian besar perantau. Walau tak bergerak, Foto memang menjadi salah satu senjata ampuh yang dapat mengobati sedikit rasa rindu. Untuk yang satu ini mungkin kita semua setuju. Jadi pajanglah foto keluarga atau saudara di tempat tinggal. Selain itu, anda bisa juga memasang barang-barang kesukaan mereka. Mendengarkan musik atau lagu-lagu kesukaan orang-orang yang ditinggal juga sangat membantu.

DOMINO99


6)Jadwalkan Untuk Pulang Kampung secara rutin

Sebagai manusia tentu saja kita menginginkan kontak langsung secara fisik untuk membayar rasa rindu selama merantau. Untuk itu, Buatlah schedule yang pasti untuk kembali Pulang dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian anda akan termotivasi secara tidak langsung agar tetap focus dan semangat untuk melakukan aktifitas di perantauan.

7)Tetaplah Berdoa dan Berfikif Positif

Tinggal jauh dari keluarga kadang kala menimbulkan pikiran-pikiran negative di benak kita. Contohnya seorang anak yang meninggalkan kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia terkadang dihantui pikiran-pikiran akan kehilangan mereka. Atau Seorang pemudi takut diselingkuhi pacarnya yang sedang ditinggal jauh. Maka untuk itu tetaplah berdoa agar dijauhkan dari hal-hal negative. Dan sebisa mungkin tekadkanlah untuk selalu berfikir positif.


BANDARQQ

Demikianlah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk sekedar mengganjal rasa rindu ingin bertemu kepada keluarga yang ditinggal jauh. Bagaimanapun, setiap orang memiliki cara tersendiri mengatasi Homesick yang dialami masing-masing. Poinnya adalah dengan mengambil resiko menahan diri untuk jauh dari keluarga atau sanak saudara demi tujuan mulia maka Kita janganlah menyianyiakan pengorbanan tersebut. Untuk itu wujudkanlah mimpi dan cita-cita secepat mungkin, agar bersatu kembali dengan orang terkasih sesegera mungkin. Semoga ini bisa menjadi referensi kecil agar kegalauan karena rindu sedikit terobati. Salam Perantau!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pria Bandung Cabuli ABG, Polisi: Korban Dikurung di Ruang Khusus

 Y alias Wahyu (38) mencabuli anak baru gede (ABG) perempuan di Bandung. Ternyata pelaku membuat ruang khusus yang disiapkan selama satu bul...